Latar Belakang Diciptakannya Buku Dan Buku Hukum Digital

Data buku atau buku elektronik yang dipublikasikan oleh RGS & Mitra, mayoritas berupa  buku-buku hukum. Terhadap buku-buku tersebut bisa jadi berasal dari buku yang rusak atau sulit dibaca, dan setelah buku tersebut diubah menjadi data digital, buku tersebut menjadi mudah dibaca namun dalam bentuk atau format buku elektronik [e-book]. 

RGS & Mitra menjual [kembali] buku tersebut, karena merupakan buku tua atau buku tersebut sudah diterbitkan dalam kurun waktu yang sangat lama, sebuah buku yang kami beli dari toko buku bekas karena buku tersebut sudah sangat sulit dicari [dibeli pada toko buku modern]. Dalam aktivitas disini RGS & Mitra tidak menjual atau mendistribusikan buku-buku terbitan baru. Hampir seluruh buku yang dipublikasikan merupakan buku yang telah dikonversi / diubah dan disimpan dalam bentuk format elektronik [*.pdf], dan seperti biasa, buku itu kami simpan dalam media Digital Video Disc atau Optical Disc, sehingga buku-buku tersebut harus tersimpan terlebih dahulu [dengan cara scan lembar-per-lembar] dalam format elektronik atau data digital. 

Tujuan merubah dan menyimpan buku-buku tersebut dalam bentuk format elektronik adalah untuk :
1. menyelamatkan [melestarikan] isi buku dari kemusnahan, misalnya karena buku tersebut rusak, ataupun buku tersebut memang sudah sangat sulit dicari di pasaran [toko buku], sudah tidak terbit lagi, atau karena sebab lain.
2. memperpanjang usia buku tersebut, yang jika tercetak dalam media kertas akan semakin hancur atau rusak, sehingga dengan merubahnya dalam bentuk elektronik, akan memperpanjang usia buku [karena telah diubah dalam bentuk media elektronik]
3. Sebagai koleksi data pribadi bagi pengguna pecinta buku [khususnya buku hukum lama], karena sebagaiman kita ketahui terhadap sebuah referensi buku lama, akan memiliki catatan sejarah bagi dinamika perkembangan hukum dan ilmu pengetahuan [hukum] di masa sekarang.
 

Tindakan merubah, menghimpun [mengkompilasi] buku-buku tua hukum [atau buku lain] dalam format digital, sama sekali tidak bertujuan untuk membajak yang dilanjutkan dengan maksud mengambil untung semata. Tujuan mengkonversi [merubah] buku menjadi sebuah buku elektronik yang tertuang dalam media DVD atau media penyimpan elektronik lainnya, adalah untuk menyelamatkan, memperpanjang usia atau umur buku agar tersimpan dalam media elektronik sesuai perkembangan zaman saat ini.

Sebagaimana kita ketahui saat ini di tahun 2017, upaya melakukan tindakan perubahan data kertas [buku] menjadi data elektronik, tidak bisa dilakukan dalam waktu singkat dan mudah seperti melakukan tindakan foto copy dan menjilidnya. Melainkan harus melalui proses scan data lembar-perlembar, dan menghimpun ratusan bahkan ribuan lembar data elektronik tersebut menjadi 1 [satu] file dalam format *.pdf agar dengan mudah dapat dibuka dan dibaca dengan menggunakan computer dan/atau media elektronik pembaca lain. Proses atau tindakan yang dilakukan oleh RGS & Mitra, tentulah tidak mungkin sempurna, karena kami berupaya sebatas kemampuan yang kami miliki, oleh karenanya upaya merubah sebuah buku kertas menjadi buku elektronik ini tidak mungkin dapat dilakukan secara sempurna dan 100% memuaskan, semua dilaksanakan secara mandiri dan kami publikasikan dipublikasikan kembali [dijual] dengan harga yang sangat terjangkau. Hal ini kami sampaikan, agar para pembaca, konsumen, pengguna buku elektronik, agar tidak menggandakan kembali secara tidak sportif, terlebih hanya untuk mencari keuntungan belaka. Latar belakang kami menciptakan dan menghimpun buku-buku elektronik semata-mata untuk melestarikan buku tersebut serta mengajak pembaca agar berkenan membaca buku-elektronik dan ‘pelestarian-lingkungan’. Terimakasih.
Kritik dan saran silahkan disampaikan melalui rgsimanjuntak@gmail.com