Tentang Latihan Perang-Perangan Diseluruh Tanah Jawa

Pengumuman Balatentara
Tentang Latihan Perang-Perangan Diseluruh Tanah Jawa

Balatentara Dai Nippon, yang telah memperteguh kedudukannya, serta berusaha dengan sungguh-sungguh untuk membela pulau Jawa, menghadapi keadaan yang bertambah lama bertambah hebat. Tidak lama lagi akan diadakan pelatihan perang-perangan [manouvre] oleh angkatan darat dengan sekalian bagian-bagiannya. Perang-perangan itu dilakukan pada waktu yang sama, secara besar dan luar diseluruh tanah Jawa.
Waktunya itu tidak akan diumumkan, sebab perang-perangan itu dilakukan dengan tiba-tiba.
Sejak Balatentara Dai Nippon menduduki pulau Jawa, setahun telah lampau. Selama itu, pihak musuh ternyata belum sekali juga melakukan percobaan untuk menyerang pulau ini.
Hal ini tentu disebabkan, karena tentara musuh tidak bertenaga lagi. Lagi pula, pembelaan Balatentara Dai Nippon ditanah Jawa sangat kuat, dan ada sedemikian kuatnya, sehingga kepercayaan 50 Juta orang penduduk ditanah Jawa kepada Balatentara Nippon bertambah lama bertambah besar.
Meskipun Negeri aman dan tentram, tetapi Balatentara Nippon tidak lupa senantiasa melakukan pelatihan, supaya pembelaan pulau ini bertambah sempurna.
Dalam zaman pemerintahan Belanda, perang-perangan itu jarang sekali diadakan. Lain halnya dengan Balatentara Nippon, yang memandang pelatihan itu sangat penting, sehingga perlu senantiasa diadakan dan biasanya dilakukan dengan sekonyong-konyong siang dan malam. Perang-perangan itu tidak kurang hebat dan dahsyatnya seperti dimedan peperangan yang sebenarnya.
Dengan cara demikianlah, Balatentara Nippon dilatih menjadi balatentara yang paling kuat di atas dunia.
Perang-perangan yang akan diadakan nantipun bermaksud akan mencapai hal-hal yang diterangkan diatas ini.
Adapun perang-perangan itu diadakan dengan sekonyong-konyong dan dengan tidak meminta sesuatu tenaga dari penduduk umumnya, oleh sebab dilakukan hanya oleh pihak-pihak yang tersangkut saja.
Kami berharap, penduduk jangan merasa kuatir, melainkan teruskanlah pekerjaan masing-masing dengan hati yang tentram.
Tinggallah tenang dan jangan bingung!
Perang-perangan pada malam hari dan pelatihan tentang perlindungan terhadap serangan udara - yang termasuk juga dalam latihan perang-perangan ini - akan sering diadakan, tetapi penduduk tidak usah merasa kuatir.
Meskipun rakyat pihak musuh, yang masih tinggal di negeri ini dan yang menjadi kaki tangan Negeri Sekutu, semenjak mundurnya tentara musuh hingga sampai waktu yang akhir ini terus menerus mempropagandakan, bahwa tentara Negeri Sekutu akan datang kembali di pulau Jawa, tetapi segala harapan mereka ini adalah harapan yang kosong dan hanya satu impian belaka! Sekarang propaganda itu sudah lenyap dan tidak terdengar lagi.
Tapi sungguhpun begitu, kita harus awas dan Balatentara tidak segan akan mengambil tindakan yang keras terhadap mereka, yang mencoba melakukan propaganda itu lagi.
Karena penduduk kami sampaikan seruan dan harapan, janganlah kiranya merasa kuatir dan bingung, melainkan percayalah kepada kekuatan Balatentara Dai Nippon dan marilah kita bekerja bersama-sama dengan menduduki tempat masing-masing, untuk membela pulau Jawa dan menangkis serta menghancurkan pihak musuh, jika mencoba merebut pulau ini kembali.
Jakarta, 1-3-2603
Dimuat dalam Kanpo_No15_TahunKeII_Bulan3_2603 Halaman 12